gravatar

Lubang besar misterius di Guatemala

Sebuah lubang besar misterius yang muncul  di kota Guatemala setelah badai tropis telah membikin penduduk ketakutan. Di sisi lain kemunculan lubang yang memakan seluruh bagian perempatan jalan itu menarik perhatian pakar geologi. Lubang misterius itu memiliki kedalaman sekitar 30 meter dan berdiameter 20 meter. Pakar geologi mengatakan bentuk bundar menunjukkan terdapat formasi gua di bawah tanah, namun penyebab sebenarnya dari lubang besar itu masih menjadi misteri.“Kami dapat menyebutkan pada Anda bukan kesalahan geologi dan ini juga bukan hasil dari gempa bumi,” kata David Monterroso, pakar geofisika di National Disaster Management Agency.
Lubang besar ini terbentuk pada Sabtu lalu dan juga telah menelan sebuah pabrik pakaian sekitar 2 kilometer, dengan lubang yang sama pada tiga tahun lalu. Penduduk mengatakan sebuah keajaiban karena tidak ada pekerja pabrik yang meninggal.

“Mereka sangat beruntung,” kata penduduk bernama Honora Olivia. “Mereka pulang pada pukul 6 sore, satu jam sebelum lapisan bumi terbuka.”
Penduduk mengatakan seorang penjaga lolos karena terjebak di rumahnya akibat terjadi hujan lebat karena badai tropis Agatha di Amerika Tengah.
Badai ini telah menewaskan setidaknya 180 orang. Penduduk percaya bahwa satu hingga dua orang mungkin hilang, namun pihak berwenang mengatakan tidak ada laporan kematian.
Lubang yang sama tahun 2007 telah membunuh 3 orang dan merubuhkan beberapa rumah di area yang sama. Lubang itu diperkirakan akibat hujan dan lapisan bawah tanah sangat lemah.
Namun terlalu dini untuk mengatakan bahwa cuaca yang menyebabkan masalah itu, kata Monterroso yang juga menyelidiki kejadian terbaru.
Polisi dan tentara telah membuat penjagaan di sekitar lubang untuk mencegah pihak-pihak yang ingin tahu dan terlalu dekat. Sebagian besar orang yang tinggal di dekat wilayah itu telah pindah karena takut lubang akan meluas dan menghancurkan lebih banyak rumah.